9/15/2012

SUSTAINABILITY/JANGKA PANJANG BISNIS ONLINE DAN PONZI


SUSTAINABILITY BISNIS ONLINE DAN PONZI


ADAKAH BISNIS ONLINE YANG TERJAMIN SUSTAINABILITYNYA ?
JAWABANNYA :"TIDAK"


Tidak ada BO dengan alasan apapun yang menjamin keselamatan uang membernya jika dia bangkrut, mungkin kita masih bisa melakukan klaim atas dana yang sempat kita investasikan, tapi tidak untuk ganti rugi seluruh aset yang kita punya di bisnis itu.

SCAM dapat diartikan sebagai penipuan internet. Pada awalnya sebuah program menawarkan sesuatu yang menguntungkan, akan tetapi pada akhirnya program itu hilang dari akses internet bersama uang yang anda bayarkan untuk mendapatkan keuntungan yang dijanjikan. Jadi, scam itu murni sebuah penipuan (FRAUD). Kebangkrutan suatu bisnis tidak masuk dalam scam, kebangkrutan atau collaps lebih kepada tidak berjalannya bisnis karena profit yang bisa dihasilkan tidak mampu lagi membayar profit sharing yang ditetapkan. Tapi tentu saja, kebangkrutan dalam bisnis online hampir tidak pernah kita dengar, karena mereka akan tiba-tiba hilang begitu saja dari akses internet. Jika mereka memiliki kantor, hanya member / nasabah yang dekat saja yang bisa melakukan klaim / gugatan secara langsung.

APA ITU SKEMA PONZI ?

Ponzi sebenarnya adalah nama seorang kelahiran Italia, Carlo Pierto Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi yang lahir pada tahun 1882 dan kemudian dikenal sebagai Charles Ponzi.
Pada tahun 1920, Charles Ponzi membuat skema bisnis yang menghimpun para investor dengan menjanjikan profit (keuntungan bersih) sebesar 45% perbulan atau 100% dalam waktu 90 hari. Dengan modus investor membeli sebuah kupon potongan harga biaya balasan surat pos luar negeri yang dibeli dengan harga dalam negeri Amerika (tentu selisih harganya memang cukup jauh). Belakangan diketahui bahwa Ponzi membayar keuntungan nasabahnya dengan investasi yang telah dibayarkan oleh nasabah lainnya. Dengan kata lain, Ponzi tidak memutar uangnya pada bisnis real yang dia sebutkan sebagai kupon potongan harga balasan surat post luar negeri, karena sebenarnya bisnis seperti itu illegal di dalam hukum perdagangan Amerika (baca arbritase).

Akhirnya usaha Ponzi menghentikan pembayaran profit nasabahnya saat nasabah baru tetap dibiarkan membeli produknya, sedangkan kupon yang harusnya didistribusikan untuk mendapatkan keuntungan yang nyata, kenyataannya tidak bisa dipasarkan. Hanya 27.000 kupon dari 1.600.000 kupon yang berhasil Ponzi pasarkan. Dengan segala cara, Ponzi tetap berusaha meyakinkan nasabahnya bahwa kondisi tersebut bersifat sementara sampai negara federal menentukan bahwa skema bisnis Ponzi adalah penipuan besar. Ponzi akhirnya masuk penjara karena tidak bisa membuktikan bahwa bisnisnya akan dapat membayar semua kauntungan dari nasabahnya.

SKEMA PIRAMYDAL, SKEMA PONZI LAINNYA

Apa itu skema piramydal ? Skema ini sebenarnya hanya mengubah sedikit dari skema Ponzi, hanya sedikit lebih "terstruktur". Member yang baru bergabung akan membayar sejumlah uang, dimana sebagiannya akan langsung disalurkan kepada sponsornya atau uplinenya. Skema ini kemudian dikenal dengan skema matrix yang pembagian distribusi pembayarannya dibatasi sampai level jaringan tertentu. Pengelola biasanya mengatur pola distribusi sesuai jenjang dalam pola matrixnya, sesuai level dalam jaringan. Persentase yang didistribusikan umumnya bervariasi sekitar 50% dari harga produk yang ditawarkan. Misalnya yang didistribusikan kepada sponsor adalah 10% untuk level 1, 7% untuk evel 2, dan seterusnya.

Apa yang bisa kita lihat dari skema ini ? Harga produk yang sebenarnya adalah kurang dari setengahnya, bahkan mungkin hanya sebesar 20%. Skema ini adalah skema yang digunakan dalam system Multilevel Marketing (MLM). Alasan perusahaan adalah bahwa pembagian keuntungan tersebut tidak lain dari biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan jika produk mereka dipasarkan secara offline, yaitu biaya manajemen, pemasaran, dan pendistribusian barang. Dengan system MLM, perusahaan hanya butuh 1 kantor dan 1 gudang (selain pabriknya sendiri tentunya).

Bagaimana dengan bisnis investasi ? Jelas, jika suatu bisnis investasi menggunakan skema piramydal, bisnis itu sebenarnya juga melakukan sistem ponzi, hanya saja mungkin mekanisme distribusi pembayarannya dilakukan langsung oleh system. Bedanya, piramidal "mewajibkan" membernya untuk merekrut member lain, sedangkan skema ponzi tidak perlu mensyaratkan merekrut afiliasi / downline, yang penting jumlah pendaftar terus meningkat agar dapat terus membayar profit member lama.


Bisnis investasi yang jelas-jelas menggunakan sistem piramidal adalah arisan berantai yang pada pertengahan tahun 90-an ramai dilakukan orang2 Italia. Sampai sekarangpun skema ini masih dilakukan di Indonesia, dengan embel-embel "keikhlasan saling membantu" atau membeli dan menjual kembali (reseller) ebook yang sebenarnya tidak bernilai, dengan menggunakan label beberapa Bank lokal, bahkan dengan hadiah perjalanan ibadah, dan modus-modus marketing lainnya.

HYIP = HIGH YIELD INVESTMENT PROGRAM ?

HYIP adalah sebuah program bisnis investasi online yang menawarkan return (gross profit) yang tinggi, biasanya di atas 2% perhari dan dalam waktu yang pendek. Bahkan ada pula yang menawarkan return sampai 7%/hari. Mari kita telaah dengan sebuah perbandingan. Misalnya bisnis retail. Rata-rata profit produk retail adalah sekitar 10%-20% (nilai returnnya 110% - 120%). Jika produk itu dapat terjual secara penuh setiap hari, maka nilai profit usaha adalah 300%-600% (nilai return 400%-700%) dalam sebulan. Luar biasa bukan ? Apakah bisa terjadi ? Tentu saja bisa jika jumlah produk yang dijual sama dengan jumlah pendatang yang membeli (=customer aktiv). Jadi, kejadian seperti ini batasannya sangat jelas, yaitu dalam jumlah yang sangat terbatas. Jika produk yang dijual sangat banyak, misalnya ribuan unit, maka persentase net profitnya tentu akan sangat berkurang. Dengan kata lain, mungkin rata-rata 1 unit produk akan terjual dalam beberapa hari, mungkin hanya 2 atau 3 kali dalam sebulan. Artinya rata-rata profit perunit akan menjadi hanya 20% sampai 60% sebulan, bahkan lebih sedikit dari itu.

Sebuah HYIP yang menawarkan 3%/hari dengan masa aktiv 90 hari misalnya, maka nilai total returnnya adalah 270%/90 hari atau net profitnya sebesar 170%/90 hari (= 56.7%/bulan). Sungguh suatu nilai profit yang sangat besar sehingga dinamakan HIGH YIELD (HASIL BESAR).

Dengan demikian, walaupun suatu bisnis online menyertakan suatu produk dalam system investasinya, selama jumlah penjualan barangnya sedikit (dalam hal ini adalah yang dibeli oleh para investor, misalnya advertising package), perusahaan dapat menjualnya dengan mudah pada customer, sehingga investor akan mendapatkan profitnya sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan. Tapi jika jumlah investor semakin banyak, sedangkan kemampuan perusahan untuk mendistribusikan produknya pada customer (pengguna), yang terjadi adalah akan datang saatnya dimana perusahaan tidak lagi mampu untuk membayar profit para investor. Sehingga perusahaan akan semakin tergantung pada investasi baru yang masuk dan yang akan bermain disini semakin lama akan semakin mengarah pada skema Ponzi, dimana investor / investasi baru membayar profit investor / investasi lama.

BAGAIMANA JIKA DANA INVESTOR DIGUNAKAN DALAM TRADING ?

Sepanjang yang saya tahu, sebuah lembaga pelaksana trading hanya akan "menjanjikan" profit sebesar 50% dalam satu bulan. Tapi tentu saja nilai peluang dalam jangka panjang adalah kecil karena banyak faktor external yang mempengaruhinya. Mungkin anda pernah melakukan trading dan meraup keuntungan ratusan persen dalam kurun waktu 2-3 bulan. Saya hanya dapat mengatakan bahwa ANDA SEDANG DALAM KEADAAN BERUNTUNG. Karena jika trading dapat secara konsisten memberikan keuntungan seperti itu, tidak ada lagi bisnis online yang laku saat ini. Silahkan anda secara konsisten melakukan trading selama 1 atau 2 tahun tanpa henti, mungkin anda akan menjadi Miliyuner mendadak atau anda akan bangkrut sebangkrut bangkrutnya.
==================================================================


Dalam hal ini saya tidak bermaksud membahas sebuah Bisnis Online secara spesifik. Hanya memberikan sedikit gambaran bagaimana sebuah bisnis investasi dapat dipandang layak untuk dapat diikuti dari sisi kenormalan pembagian keuntungannya. Tentu saja banyak faktor lain yang berpengaruh, sebagaimana layaknya sebuah bisnis. Kredibiltas owner, perusahaan, lokasi usaha, variabilitas unit usaha, dan lain sebagainya turut menjadi bagian yang cukup menentukan.

Silahkan anda renungkan bisnis online yang sekarang sedang anda jalankan dan lakukan langkah terbaik agar uang anda bisa menghasilkan keuntungan besar dan investasi anda selamat.

Sebuah bisnis online investasi yang baik akan terus memperbaiki system usahanya agar tetap dapat memberikan keuntungan bagi investornya, bukan sekedar memberikan "gula-gula" agar terus didatangi semut.
Untuk itu saya tawarkan bisnis yang cukup SUSTAINABILITY klik disini http://www.profitclicking.com/?r=98g4axa43729 sudah lebih dari 50 .000 member dari indonesia menikmati hasilnya,.. atau yang ini http://www.ismadsincome.com/?sukses354
http://bo-pilihan.blogspot.com/

|



Share
lintasberita

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Post a Comment

Mohon minta saran dan kritik yang bisa membangun publisher untuk lebih berkarya,.Thanks..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...