3/08/2013

TNI Serang Markas Polisi Baturaja

TNI Serang Markas Polisi Baturaja

TNI Serang Markas Polisi Baturaja

Ratusan anggota TNI menggunakan berbagai kendaraan mendatangi Baturaja pada Kamis (7/3/2013) pagi. Satu batalyon pasukan Armed TNI itu dikabarkan menyerang kantor Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Sebagai akibatnya, kantor Polres itu musnah dilalap api dan penghuninya berhamburan entah kemana.

Selain Mapolres OKU yang dibakar, beberapa Pos Polisi di Jalan Kota Baturaja juga tidak luput dari perusakan. Sedangkan korban luka dikabarkan berjumlah enam orang dari pihak kepolisian karena luka tusuk.

Kejadian yang mengejutkan tersebut diduga merupakan imbas dari kejadian penembakan oleh anggota Polisi terhadap anggota TNI yang menewaskan seorang anggotanya. Seperti diketahui, pada 27 Januari 2013, seorang anggota TNI Batalyon Armed 15/76 Tarik Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Pratu Heru Oktavianus, tewas ditembak anggota Polres OKU.

Heru tewas dengan luka tembak di punggung kanan dan luka tusuk di sebelah kiri. Keributan dipicu pelanggaran lalu lintas oleh Heru. Kemudian seorang polisi bernama Bintara mengejar, dan terjadilah pertikaian berujung penembakan. Peristiwa ini menebarkan suhu panas antara Kepolisian dan TNI di wilayah Sumsel.

Insiden penembakan yang belum terselesaikan secara tuntas ini membuat para prajurit TNI menuntut pelaku penembakan dihukum seberat-beratnya, walaupun setelah peristiwa tersebut kedua pimpinan satuan bertemu dan sepakat berdamai. Namun tuntutan itu tampaknya tidak mencapai sasaran. Awalnya para anggota TNI itu hanya berencana akan unjuk rasa damai terkait teman mereka yang tertembak, namun situasi menjadi tidak terkendali dan anggota TNI marah serta melakukan aksi anarki.

TNI dan POLRI

Sejatinya TNI dan POLRI adalah sama-sama alat pengamanan negara. Diman polisi sebagai penjaga keamanan masyarakat, sedangkan TNI adalah barisan terdepan negara ketika perang atau ancaman pihak luar. Namun sangat disayangkan TNI dan POLRI malah sering terlibat Bentrok, parahnya lagi bentrok tersebut kadang dilatar belakangi oleh alasan yang tidak jelas.

TNI Serang Markas Polisi Baturaja
Foto: http://ceritamu.com, metrotvnews.com

|



Share
lintasberita

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Post a Comment

Mohon minta saran dan kritik yang bisa membangun publisher untuk lebih berkarya,.Thanks..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...