Tempat Download Game PC, XBOX, PS 3 ISO Full Versi

12/23/2010

Sumber traffic

Hari ini saya akan berbagi cerita bagaimana caranya mendatangkan traffic atau visitor ke web atau blog, yang di sebut juga dengan traffic generation.

Pengunjung (traffic) yang kita harapkan tentu bukan sembarang pengunjung. Boleh jadi kita mampu mendatangkan ribuan pengunjung setiap harinya. Tapi percuma saja jika pengunjung tersebut tidak membeli produk yang kita tawarkan.

Kenapa mereka tidak mau membeli atau bergabung menjadi downline anda ?

Jawabannya sederhana... Karena produk yang anda tawarkan bukan produk yang mereka cari atau mereka inginkan. Jadi cara termudah menjual sesuatu adalah dengan cara menemukan orang yang membutuhkan produk anda. Inilah yang saya maksud dengan Targetted Traffic.

Tulisan tentang cara mendapatkan traffic ini akan saya bagi dalam beberapa sub judul artikel. Yaitu :

  • Apa yang di maksud dengan targetted traffic ?
  • Tiga kelompok strategi yang mendatangkan traffic.
  • Free traffik vs Paid Traffic.
  • Mengapa dan bagaimana melakukan tracking sumber traffic.
  • Google Analytics.
  • Dan hal-hal yang mendasar lainnya.
1. Targetted Traffic.
Secara sederhana yang dimaksud dengan targetted traffic adalah mendapatkan traffic yang sesuai dengan target. Jika anda sedang memasarkan produk olah-raga maka yang anda cari adalah orang-orang yang menyukai olah-raga.

Sebagai contoh, anda tidak akan mendapatkan respon yang positif jika menawarkan alat-alat olah-raga kepada orang yang sedang menyiapkan pesta ulang tahun anaknya. Mereka akan segera menutup web atau blog anda.

Rahasia atau kata kunci untuk mendatangkan traffic yang tertarget adalah relevan. Ingat baik-baik kata kunci tersebut.

Google menjadi besar seperti sekarang karena mengerti tentang arti pentingnya relevansi. Mereka berjuang menjadikan search engine mereka untuk menghasilkan result yang paling relevan dengan apa yang kita tulis di kotak pencarian.

Anda tentu tidak ingin membuang-buang waktu, energi dan uang anda bukan ? Jadi carilah visitor (pengunjung yang tertarget). Percuma web atau blog anda dikunjungi ribuan orang setiap hari jika mereka hanya sekedar lewat saja.

2. Tiga kelompok strategi yang mendatangkan traffic.
Strategi mendatangkan traffic sangat banyak metode dan caranya. Untuk itu saya mengelompokan dalam tiga katagori yang sering dilakukan orang dalam mendapatkan traffic.
  • Search Engine.
  • Other High Traffic Website
  • Direct Traffic.
Search Engine merupakan sumber traffic yang paling utama. Riset menunjukan 90 % pengguna internet menggunakan search engine untuk mencari informasi atau produk. Jadi tidaklah heran jika website yang muncul pada halaman pertama search engine dengan kata kunci yang relevan, akan mendapatkan banyak pengunjung.

Untuk meraih tempat di halaman pertama pada suatu search engine anda bisa mengunakan cara yang berbayar atau gratis. Misalnya jika web atau blog anda ingin tampil dihalaman pertama di Google, anda bisa menggunakan google adwords untuk cara yang berbayar. Jika anda ingin yang gratis, maka anda harus memaksimalkan teknik SEO anda.

Other hight traffic website ini maksudnya adalah mendapatkan traffic dari website yang ramai dikunjungi orang. Seperti halnya bisnis konvensional, jika toko anda sepi pengunjung, bawa saja barang dagangan anda ke pasar atau ke mall.

Di internet ada banyak strategi untuk mendapatkan traffic dari website yang ramai seperti YouTube, EzineArticles, Social Media web 2.0 seperti Friendster, Myspace, Facebook, high forum, high blog dan lain-lain.

Direct Traffic ini adalah mendatangkan pengunjung langsung ke website anda. Ada beberapa strategi yang termasuk dalam katagori ini yaitu :
  • Email Marketing atau List Building.
  • Mendistribusikan Ebook dengan link ke website anda.
  • Mencantumkan nama website pada kartu nama.
  • Offline Media seperti brosur, iklan di koran atau majalah.
3. Free Traffic Vs Paid Traffic.
Pada saat anda mulai mempelajari bagaimana caranya mendatangkan traffic. Anda akan menemukan berbagai strategi baik yang berbayar maupun yang gratis. Walaupun dasarnya di internet tidak ada yang benar-benar gratis. Karena minimal anda harus mengeluarkan biaya koneksi internet dan harus meluangkan waktu anda.

Lalu manakah yang lebih baik, yang bayarkah atau yang gratis ? Keduanya sebenarnya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk yang berbayar anda bisa mendatangkan traffic dengan cepat. Bahkan hanya dalam waktu hitungan menit. Hanya saja yang harus anda perhitungkan adalah jangan sampai anda kehilangan banyak prospek. Khususnya bagi anda yang sedang menjalankan program Afiliasi, reseller atau MLM. Untuk pembahasan mengenai prospek sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya.

Untuk traffic yang gratis anda harus meluangkan waktu anda lebih banyak. Hanya saja keuntungannya jika anda melakukan kesalahan dalam berpromosi anda tidak kehilangan uang anda.

Jadi semuanya tergantung kepada anda. Jika anda mempunyai banyak waktu anda bisa menggunakan yang gratis. Yang terpenting adalah anda tetap berpegang pada kata kunci yang relevan tadi.

Karena pada waktu nulis artikel ini sudah malam, saya akan melanjutkannya pada artikel berikutnya. Yang membahas tentang :
  • Mengapa dan bagaimana melakukan tracking sumber traffic.
  • Google Analytics.
  • Dan hal-hal yang mendasar lainnya.
|



Share
lintasberita

Artikel yang berkaitan



1 komentar:

Unknown said...

Thanks, artikelnya sangat membantu untuk meningkatkan wawasan saya.

Post a Comment

Mohon minta saran dan kritik yang bisa membangun publisher untuk lebih berkarya,.Thanks..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...