10/21/2012

250 Jemaah haji tertipu dan tidak jadi berangkat

250 Jemaah haji tertipu dan tidak jadi berangkat
Sebanyak 250 calon jemaah haji plus asal Sumatra Selatan batal menapaki tanah suci Mekah. Ratusan calon jemaah haji tersebut tiba di bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang Sabtu malam (20/10) sekitar pukul 22.00 wib setelah sebelumnya gagal berangkat dari Jakarta.

Ratusan calon Jemaah Haji tersebut diduga telah ditipu oleh biro perjalanan atau tour jemaah haji yang tidak terdaftar di Departemen Agama Provinsi Sumsel.

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Departemen Agama Provinsi Sumsel Udin Jauhan menjelaskan kejadian yang pernah terjadi di tahun 2010 tersebut merupakan calon jemaah haji plus atau non kuota

"Kejadian ini bukan merupakan tanggung jawab Kementrian Agama Provinsi Sumsel. Calon jemaah tersebut merupakan bagian dari calon jemaah haji non kuota yang tidak terdaftar," ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, secara nasional indonesia mendapat kuota calon jemaah haji plus sebanyak 17.024 jemaah.

"Tidak ada kata tidak berangkat jika para jemaah telah terdaftar dalam rombongan haji plus yang resmi," jelasnya.

Ia menambahkan saat ini Indonesia hanya memiliki 100 agen tour haji yang resmi terdaftar di Departemen Agama. Sedangkan Sumsel hanya memiliki dua agen tour haji yang resmi

"Kami sangat menyayangkan kejadian tersebut. Kami hanya bisa menghimbau para calon jemaah haji untuk benar benar jeli dan berhati hati," paparnya.

Menurut jadwal keberangkatan jemaah haji, Udin menerangkan untuk haji plus akan diberangkatkan di tahun 2016 sedangkan haji reguler akan berangkat di tahun 2022 mendatang.

"Banyak calon jemaah haji yang tergiur dengan iklan iklan jasa keberangkatan haji yang menawarkan keberangkatan secara cepat", jelasnya.

Ia menambahkan hingga saat ini belum ada tindakan tegas yang dilakukan perihal tertipunya ratusan calon jemaah haji tersebut. Ia beralasan belum ada aturan yang tegas yang mengaturnya meski hal ini telah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, guratan kecewa yang dalam terlihat di raut wajah ratusan calon jemaah haji salah satunya adalah Suasis (60) calon jemaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel.

"Jika antri dari haji reguler bisa bisa kami berangkat tahun 2023, biar cepat kami ambil haji yang plus tapi kali ini batal berangkat", ungkapnya
source:http://m.mediaindonesia.com
|



Share
lintasberita

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Post a Comment

Mohon minta saran dan kritik yang bisa membangun publisher untuk lebih berkarya,.Thanks..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...